Pertolongan Pertama Angin Duduk, Ada Cara Tradisional?

Pertolongan Pertama Angin Duduk/Pexels

SERAYUNEWS- Angin duduk seringkali datang secara mendadak. Kondisi tersebut menyerang kepada seseorang yang mempunyai penyakit jantung.

Kendati angin duduk bisa berakibat fatal, rupanya penyakit tersebut bisa membaik jika segera mendapat penanganan. Bahkan, ini berpotensi mencegah kematian.

Oleh karena itu, pengetahuan pertolongan pertama untuk angin duduk sangat penting. Anda bisa membantu seseorang untuk meredakan gejala tersebut.

Apa Itu Angin Duduk?

Melansir dari alodokter.com, angin duduk atau angina merupakan rasa sakit di dada seakan ada beban berat yang menekan dada. Kondisi tersebut sebagai tanda ada gangguan di jantung.

Tidak hanya nyeri di dada, gangguan jantung juga bisa disertai dengan sesak napas dan pingsan. Hal tersebut terjadi karena olahraga yang berlebihan, stres, atau suhu dingin.

Agar tidak memperburuk kondisi angin duduk, Anda bisa melakukan pertolongan pertama. Apalagi, Anda punya riwayat jantung.

Apakah Angin Duduk Bisa Ditangani secara Tradisional?

Melansir dari alodokter.com, angin duduk masuk ke dalam penyakit janur yang membutuhkan pengobatan medis dengan efek yang cepat.

Pasalnya, hal tersebut bertujuan untuk mencegah keparahan penyakit jantung. Naasnya, saat menanganinya dengan cara tradisional, Anda harus menunggu beberapa hari.

Oleh karena itu, ketika ada seseorang yang mengalami gejala angin duduk, harus lekas ke dokter atau IDG. Lalu, terapkan pola hidup yang sehat.

Pertolongan Pertama untuk Angin Duduk

Terdapat sejumlah hal yang bisa Anda jadikan untuk pertolongan pertama angin duduk. Melansir dari alodoketer.com, Anda bisa melakukan hal berikut ini.

1. Hentikan Aktivitas

Saat seseorang mengalami angin duduk, penolongan pertama adalah menghentikan semua aktivitas. Lalu, lekas duduk. Jadi, bisa bantu ketegangan jantung reda.

2. Longgarkan Pakaian yang Ketat

Jika sudah istirahat, Anda bisa melonggarkan pakaian dengan membuka kancing kerah baju dan celana. Hal tersebut agar orang yang mengalami angin duduk bisa bernafas.

3. Konsumsi Obat Nyeri Dada

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pertolongan pertama dengan mengonsumsi obat nyeri dada. Anda bisa menggunakan obat yang diresepkan oleh dokter.

4. Cari Bantuan Medis Terdekat

Terakhir, jika nyeri dada tidak lekas hilang setelah melakukan langkah di atas, bahkan selama tiga menit, Anda harus lekas mencair bantuan medis terdekat.

Anda tidak disarankan untuk menunggu lebih lama. Jangan sampai memasukkan sesuatu ke mulut, kecuali obat jantung yang sudah dokter resepkan sebelumnya.

Pasalnya, angin duduk yang muncul mendadak, kerap menjadi tanda serangan jantung. Jadi, Anda harus membutuhkan perawatan secara cepat.

Itulah informasi mengenai pertolongan pertama untuk angin duduk. Semoga bermanfaat.*** (Umi Uswatun Hasanah)