Manfaat Teh Daun Kelor, Apa Anda Sudah Tahu?

Tim RedaksiJurnalis:Tim Redaksi
Manfaat Teh Daun Kelor/Pixabay

SERAYUNEWS- Apakah kamu tahu bahwa daun kelor bagus untuk dikonsumsi? Ya, ternyata teh daun kelor dapat menjaga kesehatan tubuh.

Salah satunya, berguna untuk menyehatkan jantung dan membantu mengatasi masalah tidur. Jadi, wajar saja jika teh ini banyak dikonsumsi oleh banyak orang.

Yuk, simak manfaat teh daun kelor di bawah ini.

Manfaat Teh Daun Kelor

Ada berbagai macam manfaat yang terkandung di dalam teh daun kelor untuk kesehatan tubuh. Mengutip dari situs WebMD, berikut sejumlah manfaatnya.

1. Sumber Antioksidan

Daun kelor memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Daun ini berfungsi untuk mencegah serangan radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.

Jadi, tubuh dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

Daun kelor dalam bentuk teh atau bubuk bisa kamu campurkan ke dalam makanan atau minuman.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Teh daun kelor juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Daun ini memiliki kandungan mineral dan nutrisi yang dapat membantu meningkatkan energi di siang hari dan menggantinya dengan vitamin saat malam hari.

Selain itu, teh daun kelor dapat membuat tubuh bisa tidur nyenyak di malam hari. Oleh karena itu, kelor sangat cocok bagi orang yang mengalami kesulitan tidur.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Jika kamu memiliki gangguan jantung, penting untuk menjaga kadar kolesterol dalam batas normal agar kesehatan tubuh selalu terjaga.

Salah satu cara yang efektif untuk mengurangi kadar kolesterol adalah dengan mengonsumsi teh daun kelor.

Teh daun kelor memiliki manfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, sehingga dapat terhindar dari gangguan penyakit jantung.

Oleh karena itu, mengonsumsi teh daun kelor secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan jantung,

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat lainnya adalah untuk membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Hal ini karena komposisi mineral, nutrisi dan serat yang terdapat di dalam daun kelor bisa membantu untuk melancarkan saluran pencernaan.

Para ahli menyarankan jika ingin mengonsumsi daun kelor, kamu bisa mencampurkannya pada menu makanan sehari-hari agar terhindar dari berbagai macam penyakit saluran pencernaan, seperti peradangan usus atau konstipasi.

5. Baik untuk Kesehatan Kulit

Kandungan mineral yang padat dalam tumbuhan daun kelor dikenal baik untuk kesehatan kulit. Sementara itu, daun ini pun sering disebut sebagai produk perawatan kulit alami yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Daun ini juga memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang tinggi, sehingga membantu kulit untuk tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan kulit, seperti jerawat dan bisul.

Selanjutnya, daun kelor dalam bentuk bubuk juga sangat cocok menjadi masker wajah.

6. Mengontrol Diabetes

Mengonsumsi teh daun kelor secara rutin dapat membantu mengatur kadar gula dalam darah.

Teh daun kelor orang percaya dapat membantu tubuh memproduksi insulin, sehingga cocok untuk penderita diabetes.

7. Mengatasi Peradangan

Jika kamu mengalami peradangan seperti masalah pernapasan, radang sendi, hingga obesitas, teh daun kelor dapat mengurangi peradangan.

Teh ini akan menekan enzim inflamasi dan protein di dalam tubuh sehingga mampu untuk menurunkan peradangan pada sel tubuh.

8. Melindungi Fungsi Hati

Daun kelor mengandung senyawa polifenol konsentrasi tinggi, sehingga bermanfaat untuk melindungi hati dari kerusakan.

Selanjutnya, daun kelor dalam bentuk teh juga dapat bermanfaat untuk melindungi fungsi hati dan meningkatkan kandungan protein di hati.

9. Mempercepat Penyembuhan Luka

Teh daun kelor memiliki kandungan zat dan senyawa yang baik untuk menghentikan pendarahan dan orang anggap mampu mempercepat penyembuhan luka.

Demikian beberapa manfaat teh daun kelor untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!***(Putri Silvia Andrini)