Kalah dari Guinea, Indonesia Gagal Lolos ke Olimpiade

Timnas U23 Indonesia akhirnya gagal lolos ke Olimpiade Paris 2024 setelah kalah dari Guinea U23 dengan skor tipis 0-1. (Foto: PSSI)

SERAYUNEWS-Indonesia U23 akhirnya gagal lolos ke Olimpiade 2024. Sebab, di laga pamungkas terakhir Indonesia kalah dari Guinea U23 0-1, Kamis (9/5/2024).

Di laga itu, Guinea mampu mencetak gol di menit 29 melalui tendangan penalti Ilaix Moriba. Penalti diberikan setelah Witan Sulaiman melakukan pelanggaran di area terlarang. Keunggulan 1-0 dari Guinea itu bertahan sampai babak pertama usai.

Di babak kedua, Indonesia berusaha untuk menyamakan kedudukan. Namun, justru Afeandra Dewangga melakukan pelanggaran sehingga Guinea mendapatkan penalti kedua. Namun, tendangan penalti Algassime Bah membentur mistar sehingga tidak memberikan gol kedua bagi Guinea.

Indonesia berusaha untuk menyamakan kedudukan. Namun, hasil itu tak kunjung didapatkan. Laga berakhir dengan skor 0-1 untuk Guinea.

Hasil ini membuat Indonesia kembali gagal lolos ke Olimpiade untuk cabang sepak bola. Terakhir kali sepak bola Indonesia berlaga di Olimpiade adalah pada 1956. Saat itu, Indonesia mampu menahan Rusia 0-0. Namun, di laga ulangan dibantai 0-4.

Mengejutkan

Sebelumnya performa Indonesia memang cukup mengejutkan di ajang Piala Asia U23 yang berlangsung di Qatar. Indonesia sebenarnya tidak diunggulkan di ajang tersebut.

Bahkan tak ada yang mengunggulkan Indonesia lolos dari fase grup. Namun Indonesia bermain luar biasa di fase grup. Setelah kalah 0-2 dari Qatar, Indonesia bangkit di dua laga setelahnya.

Indonesia mampu mengalahkan Australia dengan skor 1-0. Lalu, membantai Yordania dengan skor 4-1. Hasil itu membuat Indonesia lolos ke babak perempatfinal.

Di perempatfinal Indonesia mampu menyingkirkan Korea Selatan melalui adu penalti. Kemudian Indonesia pun lolos ke semifinal.

Di semifinal Indonesia kalah 0-2 dari Uzbekistan. Kemudian di perebutan tempat ketiga Indonesia kalah 1-2 dari Irak. Indonesia yang sebelumnya tidak diunggulkan mampu menjadi nomor empat di ajang Piala Asia U23 tersebut.

Sayangnya, performa mengejutkan Indonesia harus berakhir antiklimaks. Indonesia kalah dari Guinea di perebutan satu tiket menuju Olimpiade 2024. Namun, perjuangan dari para pemain patut diacungi jempol. Dengan banyak pemain yang tidak bisa bermain, Indonesia mampu memberi perlawanan gigih pada Guinea.